Rencana Program Pembelajaran
(RPP)

Nama : Muhammad Norwardani
NPM : 30612G4022
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
(STKIP)
PGRI BANJARMASIN TAHUN 2015
SILABUS
Mata Pelajaran :
Peran Virus Dalam Kehidupan
Satuan Pendidikan :
SMA 1 Paringin
Kelas :
X
KI
1
|
:
|
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI
2
|
:
|
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif
dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI
3
|
:
|
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI
4
|
:
|
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
Pembelajaran
|
Proses
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1
Menghayati dan
mengamalkan keteraturan dan kompleksitas ciptaan tuhan tentang lingkungan
hidup
|
Menunjukkan rasa syukur atas segala ciptaan Tuhan
YME yang bermanfaat bagi kehidupan
|
Peranan Virus Dalam Kehidupan
|
Mengamati
·
Diberikan berbagai kasus penyakit yang merebak
saat ini yang disebabkan oleh virus seperti influenza, Aids, dan flue burung,
siswa mengamati fenomena alam tersebut
Menanya
·
Siswa menanya dibantu oleh gurunya tentang apa
penyebab beberapa penyakit tersebut?
·
Bagaimana karakteristik penyebab penyakitnya, cara
perkembangbiakannya, dan cara penularan dan pencegahannya?
Mengumpulkan
Data(Eksperimen/Eksplorasi)
·
Mengamati karakteristik virus dari charta
·
Mengamati proses perkembangbiakan pada organisme
hidup
·
Mendiskusikan penyebaran virus HIV
·
Mendiskusikan dampak ekonomi dan sosial akibat
serangan virus
·
Mendiskusikan apa maksud Tuhan menciptakan makhluk
yang menyebabkan penyakit dikaitkan dengan perilaku yang
tidak terpuji pada seseorang
Mengasosiasikan
·
Mendiskusikan tentang apa yang telah dipelajarinya
dengan pemahaman sebelumnya, dan mendiskusikan apa yang diperolehnya dengan
perilaku yang harus dilakukannya
Mengkomunikasikan
·
Menjelaskan secara lisan: ciri dan karakter virus,
perkembangbiakan dan cara penularan HIV
·
Menjelaskan dampak ekonomi dan sosial dengan
terjangkitnya virus
Menyajikan
sketsa model virus yang akan dibuatnya (PR)
|
Pengamatan Sikap
|
1x30 Menit
|
·
Buku Siswa
·
Buku BSE kelas X Biologi_10_sma_biologi_ari_sulistyorini
·
Internet
·
Dll
|
2.1
Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab,dan
peduli
dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun
dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat
secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan
percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
|
Menunjukkan sikap jujur, tanggung jawab, disiplin
dan peduli lingkungan dalam belajar
dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
|
|
Pengamatan Sikap
|
|||
3.3
Memahami
pemahaman tentang virus berkaitan dengan banyaknya penyakit yang disebabkan
oleh virus dalam kesehatan masyarakat.
|
Menjelaskan
peran virus yang merugikan dan menguntungkan bagi kesehatan masyarakat
|
|
Tes
|
|||
4.3
Menyajikan data tentang peran
virus yang merugikan dalam aspek kesehatan
dengan bentuk model/charta.
|
Menyajikan laporan
sederhana tentang peranan virus yang merugikan
|
|
Penilaian Kinerja
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Paringin
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X / I
Materi Pokok : Peranan
Virus Dalam Kehidupan
Alokasi Waktu : 1 x
30
A.
KOMPETENSI
INTI
KI
1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI
2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai) santun, responsif dan
proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI
3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan factual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
KI
4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan.
B.
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
1.1
Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati, ekosistem dan
lingkungan hidup
Indikator
1.
Menunjukkan rasa
syukur atas segala ciptaan Tuhan YME yang bermanfaat bagi kehidupan
2.1 Berperilaku
ilmiah: teliti,
tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab,dan
peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli
lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat
secara ilmiah dan kritis, responsif
dan proaktif dalam dalam
setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam
kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
Indikator
1.
Menunjukkan
sikap jujur, tanggung jawab, disiplin dan peduli lingkungan dalam
belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
3.3 Memahami pemahaman tentang virus berkaitan
dengan banyaknya penyakit yang disebabkan oleh virus dalam kesehatan masyarakat.
Indikator
1.
Menjelaskan peran virus yang merugikan dan
menguntungkan bagi kesehatan masyarakat
4.3 Menyajikan
data tentang peran virus yang merugikan dalam aspek kesehatan dengan bentuk model/charta.
Indikator
1.
Menyajikan
laporan sederhana tentang peranan virus yang merugikan.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Siswa dapat
menunjukkan rasa syukur atas segala ciptaan Tuhan YME yang bermanfaat bagi
kehidupan.
2.
Siswa dapat menunjukkan sikap jujur, tanggung
jawab, disiplin, dan peduli lingkungan dalam belajar dan bekerja baik secara
individu maupun berkelompok.
3.
Siswa dapat menjelaskan peran-peran
virus dalam kehidupan
4.
Siswa dapat membuat bagan tentang
cara-cara pencegahan dan pengobatan infeksi virus.
D.
MATERI PEMBELAJARAN
1. Materi
Fakta
·
Berbagai gambar tentang hasil aktivitas
virus pada manusia, hewan, dan tumbuhan.
2.
Materi
Konsep
·
Virus yang
menguntungkan
a.
Memproduksi Vaksin
Vaksin merupakan
patogen yang telah dilemahkan sehingga tidak berbahaya jika menyerang manusia.
Ada beberapa virus yang dimanfaatkan untuk memproduksi vaksin. Jika telah
diberi vaksin, tubuh manusia akan dapat memproduksi antibodi sehingga jika
sewaktu-waktu terserang patogen yang sebenarnya, tubuh manusia tersebut telah
kebal karena di dalam tubuhnya telah diproduksi antibodi patogen tersebut.
b.
Membuat Antitoksin
Antitoksin dapat dibuat
dengan menggabungkan DNA virus dan gen yang mempunyai sifat menguntungkan
sehingga jika virus menginfeksi bakteri, di dalam sel bakteri tersebut
terkandung gen yang menguntungkan. Gen manusia adalah gen yang menguntungkan
yang dapat mengendalikan produksi antitoksin. Jika oleh DNA virus, DNA manusia
disambungkan dengan DNA bakteri, sel bakteri tersebut akan mengandung gen
manusia penghasil antitoksin. Jadi, yang mulanya gen bakteri tidak mengandung
antitoksin manusia, sekarang mampu memproduksi antitoksin manusia. Pembelahan
akan terus-menerus dilakukan oleh bakteri. Setiap bakteri baru dipastikan
mengandung antitoksin yang dihasilkan oleh DNA manusia. Antitoksin dapat
dipisahkan dan dimanfaatkan untuk pelawan penyakit pada manusia. Dengan
rekayasa genetik, dapat dikatakan bahwa virus dapat dimanfaatkan sebagai
perantara gen manusia atau gen makhluk hidup lainnya untuk masuk ke dalam sel bakteri
agar sel bakteri tersebut membawa sifat gen manusia atau gen makhluk hidup
lain.
c.
Melemahkan Bakteri Virus
yang menyerang bakteri patogen merupakan virus yang menguntungkan. Jika DNA
virus lisogenik menginfeksi DNA bakteri patogen, bakteri tersebut menjadi
melemah atau tidak berbahaya.
·
Virus yang Merugikan
Virus dapat menyebabkan beberapa penyakit pada tubuh manusia. Serangan
virus ini dapat merugikan manusia. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus
adalah influenza, pilek, cacar, polio, herpes, rabies, gondong, mata belek,
ebola, kanker, cacar air, hepatitis, dan demam berdarah.
3.
Materi Prinsip
·
Aktivitas virus pada manusia, hewan, dan
tumbuhan.
4. Materi
prosedur
·
Proses persebaran virus influenza, cacar
dan lain-lain.
E.
METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific
Metode : Diskusi dan Tanya Jawab
Model : Example
Non Example
F. MEDIA,
ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media
-
Gambar Penyakit
-
Power point
-
LKS
2.
Alat
-
Alat tulis
-
Laptop
-
LCD
3.
Sumber Pembelajaran
-
D.
Apratiwi dkk, tahun 2007, Biologi 1 SMA,
Erlangga
-
Buku BSE kelas X
Biologi_10_sma_biologi_ari_sulistyorini
-
Internet
G. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Mengucapkan salam
|
5
menit
|
·
Membimbing siswa berdo’a sebelum
pembelajaran
|
||
·
Menyapa siswa dan mengecek
kehadirannya
|
||
·
Memberi
apersepsi dengan menanyakan kembali tentang pembelajaran sebelumnya dan
menampilkan gambar tentang penyakit yang disebabkan oleh virus
|
||
·
Memberi
motivasi dengan menanyakan kepada siswa bagaimana cara kita menghindarkan
diri dari serangan virus ?
|
||
·
Menjelaskan
tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
|
||
·
Membagi
siswa dalam beberapa kelompok belajar
|
|
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
·
Membimbing
siswa mengamati gambar tentang peranan virus
|
20
menit
|
Menanya
·
Siswa
dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang peranan virus bagi kehidupan
|
||
Mengumpulkan Data
|
||
·
Mengamati
gambar tentang hasil aktivitas virus
|
||
· Membimbing kelompok untuk menganalisa gambar tersebut dan
mendiskusikannya secara berkelompok
|
||
· Membimbing kelompok dalam merumuskan jawaban sementara
(berhipotesis)
|
||
· Menjawab soal pada LKS yang telah diberikan oleh guru
|
||
Mengasosiasikan
· Menganalis data dari hasil diskusi dan membuat
kesimpulan.
|
||
Mengkomunikasikan
· Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka.
|
||
Penutup
|
· Bersama-sama membuat kesimpulan tentang pelajaran
yang baru saja berlangsung
|
5
menit
|
·
Menanyakan
kembali kepada siswa apakah masih ada yang kurang mengerti dari materi
pelajaran hari ini
|
||
·
Melaksanakan
posttest
|
||
·
Mengucap
salam dan do’a penutup
|
H. PENILAIAN
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Nama Lembar Penilaian
|
·
Tes tertulis
|
· Tes uraian
|
· LP 1 dan kunci LP 1 : produk
|
·
Tes unjuk kerja
|
· Tes penilaian kinerja
|
· LP 2 dan kunci LP 2 : kinerja proses
|
·
Pengamatan
kemampuan psikomotor
|
· Lembar pengamatan kemampuan psikomotor
|
· LP 3 pengamatan kemampuan psikomotor dan rubric penilaian
|
·
Pengamatan sikap
|
· Lembar pengamatan sikap
|
·
LP 4 pengamatan
sikap dan rubric
|
·
Pengamatan
Scientifik
|
· Lembar pengamatan Scientifik
|
· LP 5 pengamatan Scientific dan rubrik
|
I.
DAFTAR PUSTAKA
Permendikbud RI Nomor
103 Tahun 2014 tentang RPP
Permendikbud RI Nomor
103 Tahun 2014 tentang Penilaian Autentik
Kemendikbud. 2013. Standar Kompetensi
Lulusan, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar
pada Kurikulum 2013.
Jakarta.
Suprijono, Agus.2010. Cooperative
Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Permendikbud RI Nomor
68. 2013.
Standar Proses Pendidikan
Dasar dan
Menengah. Jakarta
Buku BSE Kelas_10_sma_biologi_ari_sulistyorini
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
KELAS : HARI/TANGGAL :
KELOMPOK/
NAMA : 1…………………….
2.
……………………
3.
…………………...
Tujuan
1. Siswa
dapat menjelaskan klasifikasi Virus
2. Siswa
dapat menjelaskan peran virus yang menguntungkan bagi kehidupan
3. Siswa
dapat menjelaskan peran virus yang merugikan bagi kehidupan
4. Siswa
dapat mengidentifikasi ciri orang yang telah terinfeksi virus (misalnya, cacar
air varisela, influenza, AIDS, Flu burung, dll)
5. Siswa
dapat menyebutkan cara pencegahan dan pengobatan infeksi virus
B.
Alat
dan Bahan
1. Alat
tulis
2. Buku
materi
3. Carta
atau gambar tentang peranan virus
C.
Langkah
Kerja
1. Perhatikan
dan amatilah gambar beserta soal dibawah ini !
2. Diskusikan
bersama kelompok dan tuliskan jawaban kalian dengan baik dan benar !
3. Jawablah
pertanyaan yang ada !
D.
Charta/
Gambar
(a.
Gambar penderita cacar) (b. penyakit
tetelo pada hewan)


(c. Penyakit mosaik pada tumbuhan)

1.
Dari gambar di atas buatkan analisis
secara singkat mengenai penyakit di atas tentang penyebab dan gejalanya !
2.
Tuliskan salah satu klasifikasi virus
yang kalian ketahui !
3.
Sebutkan peranan virus yang
menguntungkan bagi kehidupan ?
4.
Sebutkan masing-masing 2 peran virus
yang merugikan :
a. Manusia
b. Hewan
c. Tumbuhan
5.
Sebutkan cara pencegahan virus ?
KUNCI
JAWABAN LKS
1.
Analisis singkat dari gambar :
a. Cacar
air adalah penyakit yang disebabkan oleh virus varicella-zoster. Gejala penyakit cacar air biasanya ditandai
dengan munculnya bintik-bintik pada seluruh tubuh (termasuk wajah), berwarna
kemerahan, dan isi dari benjolan itu adalah cairan. Serta penderita juga
merasakan demam, sakit kepala, batuk kering atau hilangnya nafsu makan.
b. Tetelo
merupakan penyakit yang terjadi pada unggas. Disebabkan oleh virus NCD, dengan
gejala diare, batuk-batuk, dan kehilangan keseimbangan sehingga tubuhnya
berputar-putar dengan kepala tertekuk.
c. Penyakit
mosaic pada tumbuhan disebabkan oleh virus TMV (Tobacco mosaic virus), dengan gejala timbul bercak-bercak kuning
pada daun.
2.
Salah satu klasifikasi virus yaitu :
Famili : Poxviridae
Genus : Orthopoxvirus
Spesies : Variola virus (penyebab cacar)
3. Peranan
virus yang menguntungkan bagi kehidupan yaitu :
a.
Untuk terapi gen
b.
Untuk pembuatan vaksin protein
c.
Untuk pengobatan secara biologis,
misalnya dengan membunuh bakteri, jamur, atau protozoa
d.
Untuk pemberantasan serangga hama
e.
Untuk membuat perangkat elektronik
4. Peran
virus yang merugikan :
a.
Manusia :
1)
Menyebabkan penyakit AIDS
2)
Menyebabkan penyakit flu burung
b.
Hewan
1)
Menyebabkan penyakit Rabies
2)
Menyebabkan penyakitTetelo
c.
Tumbuhan
1)
Menyebabkan penyakit tungro
2)
Menyebabkan penyakit mosaik
5. Cara
pencegahan virus yaitu :
a.
Menjaga lingkungan agar selalu bersih
dan sehat
b.
Melakukan vaksinasi
LEMBAR PENILAIAN 1 :
PRODUK
(PRETEST)
Pilihlah
jawaban yang benar dan berikan alas an mengapa Anda memilih jawaban tersebut
!!!
1. Penyakit
cacar air disebabkan oleh virus ....
a.
E. coli
b.
Variola
c.
Herpes zoster
d.
Mata belek
e.
Varicella Zoster
2. Penyakit
influenza disebabkan oleh virus . . . .
a. Orthomyxovirus
b. Paramyxovirus
c. Morbillivirus
d. HPAIV
(highly pathogenic avian influenza virus)
e. Poliovirus
3. Rhabdovirus
merupakan jenis virus yang menyebabkan penyakit. . . .
a. Kutil c. Tungro e. Penyakit mulut dan kuku
b. Rabies d. SARS
KUNCI JAWABAN PRETEST
1. e. Varicella Zoster
alasan : Karena
virus ini merupakan virus yang membawa penyakit cacar air, biasanya
virus ini akan menyerang ketika tingkat kebersihan seseorang kurang
diperhatikan, misalkan ketika berkeringat, tidak langsung mengganti pakaian,
mandi dalam keadaan cuaca sedang panas, kurang membiasakan diri untuk mencuci
tangan dan kaki ketika selesai mengerjakan sesuatu.
2. a. Orthomyxovirus
alasan
:
Karena merupakan virus yang membawa penyakit flu, merupakan penyakit yang
sangat menular. Biasanya penyakit ini memiliki gejala seperti menggigil, demam,
nyeri tenggorokan, dll.
3. b.
Rabies
alasan
:
penyakit ini biasanya ditularkan oleh hewan dan melalui udara. Melalui hewan
biasanya melalui gigitan, jilatan dan lain-lain.
LEMBAR PENILAIAN 1 :
PRODUK
(POSTEST)
Pilihlah
jawaban yang benar dan berikan alas an mengapa Anda memilih jawaban tersebut
!!!
1. Penyakit
cacar air disebabkan oleh virus ....
a.
E. coli
b.
Variola
c.
Herpes zoster
d.
Mata belek
e.
Varicella Zoster
2. Penyakit
influenza disebabkan oleh virus . . . .
a.
Orthomyxovirus
b.
Paramyxovirus
c.
Morbillivirus
d.
HPAIV (highly pathogenic avian influenza virus)
e.
Poliovirus
3. Rhabdovirus
merupakan jenis virus yang menyebabkan penyakit. . . .
a. Kutil c. Tungro e.
Penyakit mulut dan kuku
b. Rabies d. SARS
KUNCI JAWABAN POSTEST
1.
e. Varicella
Zoster
alasan : Karena
virus ini merupakan virus yang membawa penyakit cacar air, biasanya
virus ini akan menyerang ketika tingkat kebersihan seseorang kurang
diperhatikan, misalkan ketika berkeringat, tidak langsung mengganti pakaian,
mandi dalam keadaan cuaca sedang panas, kurang membiasakan diri untuk mencuci
tangan dan kaki ketika selesai mengerjakan sesuatu.
2.
a. Orthomyxovirus
alasan
:
Karena merupakan virus yang membawa penyakit flu, merupakan penyakit yang
sangat menular. Biasanya penyakit ini memiliki gejala seperti menggigil, demam,
nyeri tenggorokan, dll.
3.
b. Rabies
alasan
:
penyakit ini biasanya ditularkan oleh hewan dan melalui udara. Melalui hewan
biasanya melalui gigitan, jilatan dan lain-lain.
LEMBAR
PENILAIAN 2 : PROSES
Kelompok :
Nama :
Kelas :
Tanggal :
(a. Gambar
penderita cacar) (b.
penyakit tetelo pada hewan)


(c. Penyakit mosaik pada tumbuhan)

1.
Dari gambar di atas buatkan analisis
secara singkat mengenai penyakit di atas tentang penyebab dan gejalanya !
2.
Tuliskan salah satu klasifikasi virus
yang kalian ketahui !
3.
Sebutkan peranan virus yang
menguntungkan bagi kehidupan ?
4.
Sebutkan masing-masing 2 peran virus
yang merugikan :
a. Manusia
b. Hewan
c. Tumbuhan
5. Sebutkan
cara pencegahan virus ?
KUNCI
LEMBAR PENILAIAN 2: PROSES
1.
Analisis singkat dari gambar :
a. Cacar
air adalah penyakit yang disebabkan oleh virus varicella-zoster. Gejala penyakit cacar air biasanya ditandai
dengan munculnya bintik-bintik pada seluruh tubuh (termasuk wajah), berwarna
kemerahan, dan isi dari benjolan itu adalah cairan. Serta penderita juga
merasakan demam, sakit kepala, batuk kering atau hilangnya nafsu makan.
b. Tetelo
merupakan penyakit yang terjadi pada unggas. Disebabkan oleh virus NCD, dengan
gejala diare, batuk-batuk, dan kehilangan keseimbangan sehingga tubuhnya
berputar-putar dengan kepala tertekuk.
c. Penyakit
mosaic pada tumbuhan disebabkan oleh virus TMV (Tobacco mosaic virus), dengan gejala timbul bercak-bercak kuning
pada daun.
2.
Salah satu klasifikasi vrus yaitu :
Famili : Poxviridae
Genus : Orthopoxvirus
Spesies : Variola virus (penyebab cacar)
3. Peranan
virus yang menguntungkan bagi kehidupan yaitu :
a.
Untuk terapi gen
b.
Untuk pembuatan vaksin protein
c.
Untuk pengobatan secara biologis,
misalnya dengan membunuh bakteri, jamur, atau protozoa
d.
Untuk pemberantasan serangga hama
e.
Untuk membuat perangkat elektronik
4. Peran
virus yang merugikan :
a.
Manusia :
1)
Menyebabkan penyakit AIDS
2)
Menyebabkan penyakit flu burung
b.
Hewan
1)
Menyebabkan penyakit Rabies
2)
Menyebabkan penyakitTetelo
c.
Tumbuhan
1)
Menyebabkan penyakit tungro
2)
Menyebabkan penyakit mosaik
5. Cara
pencegahan virus yaitu :
a.
Menjaga lingkungan agar selalu bersih
dan sehat
b.
Melakukan vaksinasi
LEMBAR PENILAIAN 3 : PSIKOMOTOR
Rubric Penilaian
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1.
|
Memahami
materi diskusi
|
|
· Jika dalam
kelompok semuanya memahami materi diskusi
|
4
|
|
· Jika dalam
kelompok hanya sebagian memahami materi diskusi
|
3
|
|
· Jika hanya
satu orang yang memahami materi diskusi
|
2
|
|
· Jika tidak
ada orang dalam kelompok memahami materi diskusi
|
1
|
|
2
|
Melakukan
diskusi bersama-sama untuk memecahkan persoalan yang ada
|
|
· Jika semua
orang dalam kelompok dapat memecahkan masalah dalam materi diskusi
|
4
|
|
· Jika hanya
sebagian orang dalam kelompok dapat memecahkan masalah dalam materi diskusi
|
3
|
|
· Jika hanya satu
orang dalam kelompok dapat memecahkan masalah dalam materi diskusi
|
2
|
|
|
· Jika tidak
ada orang dalam kelompok dapat memecahkan masalah dalam materi diskusi
|
1
|
3.
|
Menggunakan
media yang sesuai saat menjelaskan didepan kelas
|
|
· Jika semua
orang dalam kelompok bisa menggunakan media dalam materi diskusi
|
4
|
|
· Jika sebagian
orang dalam kelompok bisa menggunakan media dalam materi diskusi
|
3
|
|
· Jika hanya
satu orang dalam kelompok bisa menggunakan media dalam materi diskusi
|
2
|
|
· Jika semua
orang dalam kelompok tidak bisa menggunakan media dalam materi diskusi
|
1
|
|
4.
|
Mempresentasikan
materi diskusi
|
|
· Jika semua
orang dalam kelompok mampu mempresentasikan hasil diskusi
|
4
|
|
· Jika sebagian
orang dalam kelompok mampu mempresentasikan hasil diskusi
|
3
|
|
· Jika satu
orang dalam kelompok mampu mempresentasikan hasil diskusi
|
2
|
|
· Jika semua
orang dalam kelompok tidak mampu mempresentasikan hasil diskusi
|
1
|
|
5.
|
Menghargai
pendapat sesama teman peserta diskusi
|
|
· Jika semua
orang mampu menghargai pendapat sesama teman peserta diskusi
|
4
|
|
· Jika sebagian
orang mampu menghargai pendapat sesama teman peserta diskusi
|
3
|
|
· Jika satu
orang yang mampu menghargai pendapat sesama teman peserta diskusi
|
2
|
|
· Jika semua
tidak mampu menghargai pendapat sesama teman peserta diskusi
|
1
|
Format Penilaian laporan hasil diskusi
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Skor Maksimum
|
Keterangan
|
|||
1.
|
Memahami
materi diskusi
|
|
|
|
|
20
|
|
2
|
Melakukan
diskusi bersama-sama untuk memecahkan persoalan yang ada
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Menggunakan
media yang sesuai saat menjelaskan didepan kelas
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Mempresentasikan
materi diskusi
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Menghargai
pendapat sesama teman peserta diskusi
|
|
|
|
|
|
LEMBAR PENILAIAN 4 :
PENGAMATAN SIKAP SPIRITUAL DAN SOSIAL
Petunjuk:
Untuk setiap sikap berikut ini, di beri penilaian
atas sikap siswa menggunakan skala berikut:
Rubrik : Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianut
|
|
KRITERIA
|
INDIKATOR
|
4
|
Berdoa sebelum dan sesudah menjalankan sesuatu
|
3
|
Kadang-kadang berdoa sebelum dan sesudah menjalankan
sesuatu
|
2
|
Jarang berdoa sebelum dan sesudah menjalankan sesuatu
|
1
|
Tidak berdoa sebelum dan sesudah menjalankan sesuatu
|
Rubrik: Jujur
|
|
KRITERIA
|
INDIKATOR
|
4
|
Selalu jujur atau tidak menyontek dalam mengerjakan tugas
|
3
|
Melirik-lirik ke kelompok atau teman yang lain saat
mengerjakan tugas
|
2
|
Kurang jujur dalam mengerjakan tugas
|
1
|
Tidak jujur dalam mengerjakan tugas atau mencontek
|
Rubrik : bertanggung jawab
|
|
KRITERIA
|
INDIKATOR
|
4
|
Selalu bertanggung jawab dalam
mengerjakan tugas dengan sangat baik
|
3
|
Dapat bertanggung jawab dalam
mengerjakan tugas dengan baik
|
2
|
Kurang bertanggung jawab dalam
mengerjakan tugas
|
1
|
Tidak bertanggung jawab dalam
mengerjakan tugas
|
Rubrik : Disiplin
|
|
KRITERIA
|
INDIKATOR
|
4
|
Selalu tepat waktu dalam
mengerjakan tugas sesuai waktu yang ditentukan
|
3
|
Kadang-kadang tepat waktu
dalam mengerjakan tugas sesuai waktu yang ditentukan
|
2
|
Kurang tepat waktu dalam
mengerjakan tugas sesuai waktu yang ditentukan
|
1
|
Selalu tidak tepat waktu
dalam mengerjakan tugas sesuai waktu yang ditentukan
|
Rubrik : Peduli Lingkungan
|
|
KRITERIA
|
INDIKATOR
|
4
|
Selalu memiliki sikap peduli
lingkungan pada setiap kegiatan
|
3
|
Kadang-kadang memiliki sikap
peduli lingkungan pada setiap kegiatan
|
2
|
Kurang memiliki sikap peduli
lingkungan pada setiap kegiatan
|
1
|
Tidak memiliki sikap peduli
lingkungan pada setiap kegiatan
|
|
Skor
Maksimal
Konversi nilai sikap sesuai dengan Permendikbud
No. 103 Tahun 2014
Sikap
|
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
|||
Modus
|
Predikat
|
Skor Rerata
|
Huruf
|
Capaian Optimum
|
Huruf
|
4,00
|
SB
(Sangat Baik)
|
3,85 – 4,00
|
A
|
3,85 – 4,00
|
A
|
3,51 – 3,84
|
A-
|
3,51 – 3,84
|
A-
|
||
3,00
|
B
(Baik)
|
3,18 – 3,50
|
B+
|
3,18 – 3,50
|
B+
|
2,85 – 3,17
|
B
|
2,85 – 3,17
|
B
|
||
2,51 – 2,84
|
B-
|
2,51 – 2,84
|
B-
|
||
2,00
|
C
(Cukup)
|
2,18 – 2,50
|
C+
|
2,18 – 2,50
|
C+
|
1,85 – 2,17
|
C
|
1,85 – 2,17
|
C
|
||
1, 51 – 1, 84
|
C-
|
1, 51 – 1, 84
|
C-
|
||
1,00
|
K
(Kurang)
|
1, 18 – 1, 50
|
D+
|
1, 18 – 1, 50
|
D+
|
1, 00 – 1, 17
|
D
|
1, 00 – 1, 17
|
D
|
Format LP.4 : SIKAP BERKARAKTER
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria Sikap
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
Berdo’a
|
Jujur
|
Tanggung Jawab
|
Disiplin
|
Peduli Lingkungan
|
||||
1
|
Taufikurrahman
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Rahmat
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Nurul Pahirah
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Masliani
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Norlini
Sumarni
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Rahmadi
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Sariati
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Dwi
Surpiah
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Khairun
Nida
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Pahrunisya
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Wardatul
Fitriani
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Riduan
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Dyah
Utami
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Normaulida
Hidayah
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Lamhani
Rusdi
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Noor
Shaleha
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Fajeriannor
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
Muhammad
Norwardani
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Salbiah
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Arjunaidah
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Miftahul
khair
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata
|
|
|
|
|
|
|
|
LEMBAR PENILAIAN 5 : PENDEKATAN SCIENTIFIC
Petunjuk:
Untuk setiap keterampilan proses sains berikut ini, beri penilaian atas
pendekatan scientific siswa
menggunakan skala berikut:
No
|
Aspek yang di Nilai
|
Rubrik
|
Nilai
|
1
|
Mengamati
|
Selalu mengamati bacaan dengan sungguh-sungguh
|
4
|
Kadang-kadang mengamati bacaan dan kurang
sungguh-sungguh
|
3
|
||
Selalu mengamati bacaan dengan tidak
sungguh-sungguh
|
2
|
||
Tidak mengamati bacaan
|
1
|
||
2
|
Menanya
|
Memberi pertanyaan sesuai dengan materi yang
dipelajari dengan suara yang lantang
|
4
|
Memberi pertanyaan kurang sesuai dengan materi
yang dipelajari dengan suara yang kurang lantang
|
3
|
||
Memberi pertanyaan tidak sesuai dengan materi yang
dipelajari dengan suara yang tidak lantang
|
2
|
||
Tidak memberi pertanyaan
|
1
|
||
3
|
Mengumpulkan data
(eksperemen/eksplorasi)
|
Mengumpulkan data (eksperemen/eksplorasi) dengan
sungguh-sungguh sesuai dengan materi yang ada
|
4
|
Mengumpulkan data (eksperemen/eksplorasi) dengan
kurang sungguh-sungguh dan kurang sesuai dengan materi yang ada
|
3
|
||
Mengumpulkan data (eksperemen/eksplorasi)
tidak sungguh-sungguh dan tidak sesuai
dengan materi yang ada
|
2
|
||
Tidak mengumpulkan data (eksperemen/eksplorasi)
|
1
|
||
4
|
Mengasosiasikan/
Menganalisis
|
Dapat menganalisis pengamatan dengan tepat dan
sesuai dengan hasil pengamatan yang telah dilakukan
|
4
|
Dapat menganalisis pengamatan dengan kurang tepat
dan kurang sesuai dengan hasil pengamatan yang telah dilakukan
|
3
|
||
Dapat menganalisis pengamatan dengan tidak tepat
dan tidak sesuai dengan hasil pengamatan yang telah dilakukan
|
2
|
||
Tidak menganalisis hasil pengamatan
|
1
|
||
5
|
Mengkomunikasikan
|
Menyampaikan hasil pengamatan atau percobaan
dengan jelas dan memakai bahasa yang mudah dipahami
|
4
|
Menyampaikan hasil pengamatan atau percobaan
dengan jelas tetapi kurang memakai
bahasa yang mudah dipahami
|
3
|
||
Menyampaikan hasil pengamatan atau percobaan
dengan kurang jelas dan kurang memakai
bahasa yang mudah dipahami
|
2
|
||
Tidak menyampaikan hasil pengamatan atau percobaan
|
1
|
|
Skor Maksimal
Konversi nilai sikap sesuai dengan Permendikbud
No. 103 Tahun 2014
Sikap
|
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
|||
Modus
|
Predikat
|
Skor Rerata
|
Huruf
|
Capaian Optimum
|
Huruf
|
4,00
|
SB
(Sangat Baik)
|
3,85 – 4,00
|
A
|
3,85 – 4,00
|
A
|
3,51 – 3,84
|
A-
|
3,51 – 3,84
|
A-
|
||
3,00
|
B
(Baik)
|
3,18 – 3,50
|
B+
|
3,18 – 3,50
|
B+
|
2,85 – 3,17
|
B
|
2,85 – 3,17
|
B
|
||
2,51 – 2,84
|
B-
|
2,51 – 2,84
|
B-
|
||
2,00
|
C
(Cukup)
|
2,18 – 2,50
|
C+
|
2,18 – 2,50
|
C+
|
1,85 – 2,17
|
C
|
1,85 – 2,17
|
C
|
||
1, 51 – 1, 84
|
C-
|
1, 51 – 1, 84
|
C-
|
||
1,00
|
K
(Kurang)
|
1, 18 – 1, 50
|
D+
|
1, 18 – 1, 50
|
D+
|
1, 00 – 1, 17
|
D
|
1, 00 – 1, 17
|
D
|
Format Pendekatan Scientific
No
|
Nama Siswa
|
Aspek
Pendekatan Scientific
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||||
Mengamati
|
Menanya
|
Mengumpulkan data
|
Mengasosiasi/menganalisis
|
Mengkomunikasikan
|
||||
1
|
Taufikurrahman
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Rahmat
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Nurul Pahirah
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Masliani
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Norlini
Sumarni
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Rahmadi
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Sariati
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Dwi
Surpiah
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Khairun
Nida
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Pahrunisya
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Wardatul
Fitriani
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Riduan
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Dyah
Utami
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Normaulida
Hidayah
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Lamhani
Rusdi
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Noor
Shaleha
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Fajeriannor
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
Muhammad
Norwardani
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Salbiah
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Arjunaidah
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Miftahul
khair
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata
|
|
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment